Headlines News :
Home » » Kontroversi dan Bumbu Penyedap Duel Derby d'Italia

Kontroversi dan Bumbu Penyedap Duel Derby d'Italia

Written By Japrax on Sabtu, 30 Maret 2013 | 12.30



VIVAbola - Dendam, kontroversi, dan juga gengsi adalah kata-kata yang bisa menggambarkan betapa panasnya duel Derby d'Italia. Duel Juventus kontra Inter Milan memang bukan duel biasa. Kedua tim ini terus membuktikan diri untuk menjadi yang terbaik.

Tensi pertandingan semakin memanas setelah skandal Calciopoli terkuak pada 2006. Juventus terdegradasi ke Serie B, dua gelar Scudetto Juventus dibatalkan. Scudetto musim 2004-05 dibiarkan kosong sedangkan musim 2005-06 "diberikan" pada Inter Milan, Bianconeri merasa Inter telah merampas gelar Scudetto yang direbut di lapangan.

Bahkan ketika sanggup merebut Scudetto musim lalu, Bianconeri tetap mengklaim telah merebut 30 Scudetto. Padahal dua Scudetto mereka dibatalkan karena kasus Calciopoli. Hal ini secara tidak langsung menambah bumbu persaingan kedua tim.

Kontroversi memang seringkali menyertai pertemuan kedua tim ini. Salah satu yang paling terkenal adalah di musim 1960-61. Inter yang hanya berjarak 4 poin dengan Juve bertandang ke Turin.

Namun ternyata pertandingan tidak berjalan lancar. Sekitar 5000 fans Juventus keluar dari tribun dan menyaksikan pertandingan di pinggir lapangan. Wasit akhirnya memutuskan laga dihentikan.

Berdasarkan peraturan, Inter dianugerahi kemenangan 2-0. Namun Juventus mengajukan banding ke FIGC dan meminta pertandingan diulang. FIGC pun menerima banding La Vecchia Signora.

Presiden Inter, Angelo Moratti kecewa dengan keputusan ini. Sebagai bentuk protes, Inter akhirnya menurunkan pemain Primavera. Hasilnya Juve berhasil menang dengan skor telak 9-1. Striker Bianconeri, Omar Sivori mencetak 6 gol dalam laga ini.

Musim 1997-98 kontroversi kembali terjadi. Saat itu, kedua tim bersaing memperebutkan scudetto. Hingga pekan ke-30, Inter menempel ketat Juventus dengan selisih satu angka. Partai Juventus kontra Inter di pekan ke-31, diprediksi jadi penentuan juara.

Malang bagi Inter. Mereka kalah 0-1 karena keputusan wasit yang kontroversial. Saat itu, striker Inter, Ronaldo, dijatuhkan oleh Mark luliano. Kubu Inter meminta penalti. Wasit Piero Ceccarini menolaknya. Nerazzurri akhirnya kebobolan oleh gol Alessandro Del Piero. Scudetto pun melayang ke Turin.

Kejadian-kejadian tersebut selalu menjadi bumbu penyedap duel Derby d'Italia. Laga di Giuseppe Meazza, Sabtu 30 April 2013 juga dipastikan akan berlangsung sengit.

Juventus menyimpan dendam karena kalah 1-3 di pertemuan pertama. Sementara itu, Inter ingin membuktikan diri kepada sang rival meski kini sudah tertinggal 18 poin.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Jangan Lupa Follow Us Interisti

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Inter Milan Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger