Headlines News :
Home » » FC Internazionale dan Jersey Nomor Punggung 10

FC Internazionale dan Jersey Nomor Punggung 10

Written By Japrax on Minggu, 03 Februari 2013 | 11.33


Nomor 10 dalam dunia sepak bola dianggap sebagai sebuah nomor keramat. Siapa pun yang mengenakkan nomor tersebut dianggap mempunyai kemampuan lebih dan merupakan pemain kunci dalam sebuah klub sepak bola. Banyak pemain legendaris dunia menggunakan nomor tersebut ketika mereka masih bermain, sebut saja dua pemain terbaik dunia yang pernah ada, yaitu Diego Armando Maradona dan Edison Arantes “Pele” do Nascimento. Kemampuan kedua pemain tersebut tidak diragukan lagi, mereka mampu mengubah jalannya pertandingan lewat aksi-aksi yang menawan sehingga FIFA pun menobatkan mereka berdua sebagai legenda hidup dunia sepak bola.

FC Internazionale Milano merupakan salah satu klub populer yang ada dunia. Klub ini berasal dari Italia dan bermarkas di kota Milan. Inter merupakan satu-satunya klub di Italia yang belum pernah mengalami degradasi. Seperti klub lainnya, Inter pernah memiliki banyak pemain hebat yang mengenakkan seragam bernomor punggung 10. Di sini lah cerita menariknya, nomor punggung keramat tersebut seolah membawa kutukan tersendiri bagi para pemain yang memakainya di Inter. 

Entah percaya atau tidak, beberapa pemain yang menggunakan nomor tersebut cenderung mempunyai karier yang singkat dan menghadapi beberapa permasalahan yang mempengaruhi penampilan mereka di lapangan hijau. Pemain Inter yang menggunakan nomor punggung 10 dalam tempo dua puluh tahun terakhir adalah Lothar Matthaus, Dennis Bergkamp, Benito Carbone, Luiz Ronaldo, Roberto Baggio, Clarence Seedorf, Domenico Morfeo, Adriano Leite, Zlatan Ibrahimovic, dan Wesley Sneijder.

Berikut adalah cerita singkat mengenai kutukan nomor punggung 10 di Inter sejak musim 1995/96 sampai saat ini.

BENITO CARBONE (1995-1996)

Karier Benito Carbone di Inter Milan tidak terlalu lama, ia hanya berkostum I Nerazzurri semusim saja. Carbone dibeli dari Napoli dan dapat bermain sebagai striker dan gelandang serang. Rekor Carbone bersama Inter adalah 32 pertandingan dan hanya mencetak dua gol.

LUIZ RONALDO (1997-2002)

Image

Luiz Ronaldo merupakan fenomena dunia sepak bola pada saat itu. Ia dibeli dari Barcelona dengan harga £ 19 juta. Kedatangan Ronaldo membuat harapan para Interisti melambung tinggi. Di awal kedatangannya ke Inter, Ronaldo diberikan nomor punggung 10. Di tahun pertamanya, Ronaldo langsung mempersembahkan gelar juara UEFA cup untuk Inter dan juga menjadi top skorer klub dengan 34 golnya pada musim perdananya. Petaka mulai mendatangi Ronaldo di musim berikutnya, Ronaldo yang berganti kostum menggunakan nomor punggung 9, terus menerus mengalami cedera. Ia pun gagal mempersembahkan scudetto untuk Inter sampai akhirnya hengkang ke Real Madrid pada tahun 2002 setelah membawa negaranya menjuarai Piala Dunia 2002 di Korea dan Jepang.

ROBERTO BAGGIO (1998-2000)

Image

Nama Roberto Baggio tentu sudah tidak asing lagi bagi para penggemar sepak bola italia. Baggio merupakan salah satu pemain besar yang pernah dimiliki oleh Italia. Pemain yang gagal mengeksekusi penalti di final Piala Dunia 1994, dibeli di awal musim 1998/99 dari klub papan tengah, Bologna. Kedatangan Marcelo Lippi untuk menangani Inter pada musim 1999/00, dituding menjadi latar belakang perpisahan Baggio dengan Inter. Keduanya pernah bekerjasama sebelumnya ketika masih berada di Juventus. Selama dua musim berada di Inter, Baggio mempunyai catatan penampilan sebanyak 41 kali dan hanya berhasil menyarangkan sembilan gol. Sebuah catatan yang kurang bagus untuk pemain sekaliber Baggio. Setelah membela Inter, Baggio hengkang ke klub Brescia dan menghabiskan kariernya di sana.

CLARENCE SEEDORF (2000-2002)

Image

Clarence Clyde Seedorf mendapatkan nomor punggung 10 setelah kepergian Roberto Baggio. Sebelumnya, pemain internasional asal Belanda ini menggunakan nomor punggung 14 setelah didatangkan dari Real Madrid di pertengahan musim 1999/00. Seedorf merupakan gelandang pekerja keras, dia dikenal dengan tendangan kerasnya yang sering menghasilkan gol-gol spektakuler dari luar kotak penalti. Momen yang tidak dapat dilupakan oleh para Interisti adalah dua golnya ke gawang Juventus yang membuat skor menjadi imbang 2-2. Dua gol tersebut ia cetak melalui tendangan jarak jauh. Meskipun merupakan pemain yang hebat, Seedorf tidak mampu memberikan gelar yang diimpikan oleh Massimo Moratti. Di awal musim 2002/03, ia pun hijrah ke klub sekota Inter, AC Milan, untuk ditukar dengan Francesco Coco. Di klub barunya ini, ia sukses memberikan gelar scudetto trofi Liga Champions dan didaulat sebagai salah satu legenda AC Milan. Di penghujung kariernya saat ini, Seedorf memilih membela klub asal Brazil, Botafogo.

DOMENICO MORFEO (2002-2003)

Image

Inter Milan berjudi ketika memutuskan mendatangkan Domenico Morfeo dari Fiorentina pada awal musim 2002/03. Saat itu, Morfeo dipercaya sebagai salah satu pemain Italia yang memiliki potensi cukup baik. Ia memiliki teknik operan dan dribel yang sangat bagus. Morfeo dengan percaya diri memilih jersey dengan nomor 10 di punggung, namun gagal mendapatkan posisi di tim inti dan hanya bertahan satu musim saja bersama La Beneamata.

ADRIANO LEITE RIBEIRO (2001-2009)

Image

Adriano didatangkan Inter dari Flamengo pada tahun 2001. Ia merupakan talenta muda asal Brazil yang mempunyai potensi sangat bagus. Adriano sempat dipinjamkan ke Fiorentina sebelum akhirnya dibeli separuh kepemilikannya oleh Parma. Di Parma, Adriano berhasil menunjukkan kehebatannya ketika berduet dengan Adrian Mutu. Di awal musim 2003/04, Inter berhasil membeli kepemilikan Adriano dari Parma dan ditunjuk untuk menggunakan jersey bernomor punggung 10. Penyerang Brazil ini sukses menjadi tumpuan di lini depan Inter berkat tendangan keras kaki kirinya, ia pun mempunyai julukan L’Imperatore atau “Sang Kaisar” semasa membela Inter. Waktu berlalu dan Adriano mengalami penurunan performa karena pola hidup yang tidak sehat, ia sering terlihat berpesta sampai pagi dan mengonsumi alkohol. Adriano mengakui sejak ayahnya meninggal, ia kehilangan motivasi dalam bermain sepak bola. Berbagai cara dilakukan manajemen Inter untuk mengembalikan performa terbaiknya, namun usaha tersebut tidak membuahkan hasil, sehingga pada April 2009, Inter memutus kontrak Adriano sebelum musim kompetisi berakhir. Adriano mempunyai rekor 123 pertandingan bersama Inter dan mencetak 48 gol.

ZLATAN IBRAHIMOVIC (2006-2009)

Image

Zlatan Ibrahimovic merupakan salah satu pemain hebat di era sepak bola modern. Tidak ada yang meragukan kemampuan yang dimiliki oleh kapten timnas Swedia ini. Ibra datang ke Inter setelah klub sebelumnya, Juventus, terganjal masalah Calciopoli dan harus terdegradasi ke Serie B. Ibra dengan cepat menjadi tumpuan di lini depan Inter. Pemain jangkung ini mempunyai kemampuan yang di atas rata-rata untuk pesepakbola dengan postur sepertinya. Ia mempunyai kecepatan, kontrol bola bagus, dribel yang baik, teknik yang tinggi, dan tendangan yang keras. Ibra berhasil mempersembahkan tiga gelar scudetto secara berturut-turut untuk Inter. Sebenarnya, Ibra lebih identik dengan nomor punggung 8 selama tiga musim di Inter. Namun ketika Adriano hengkang, Ibra akan diplot untuk mengenakkan nomor punggung 10 di musim 2009/10. Hal ini sudah ia tunjukkan ketika tampil di pre-season Inter, sebelum akhirnya ia pindah ke Barcelona yang dinilai lebih mempunyai kesempatan untuk menjuarai Liga Champions. Ironisnya, justru Inter lah yang berhasil menjuarai Liga Champions di musim 2009/10 setelah menyingkirkan Barcelona di babak semifinal. Nasib Ibra sendiri di Barcelona tidak terlalu baik, ia hanya bertahan semusim dan harus kembali ke Italia untuk bergabung bersama AC Milan setelah memiliki masalah dengan pelatih Barca kala itu, Pep Guardiola. Selama membela Inter, Ibrahimovic berhasil membukukan gol sebanyak 57 dalam 88 pertandingan.

WESLEY SNEIJDER (2009-2013)

Image

Wesley Sneijder datang ke Inter menjelang penutupan jendela transfer pemain pada awal musim 2009/10. Sebelum membela Inter, Sneijder bermain untuk raksasa Spanyol, Real Madrid. Nomor punggung 10 pun langsung diberikan untuk playmaker asal Belanda ini. Bersama Samuel Eto’o dan Diego Milito, ia menjadi tokoh sentral untuk keberhasilan Inter meraih treble winners di musim 2009/10. Setelah melewati musim perdana yang indah, penampilan Sneijder kerap diganggu oleh cedera, sehingga ia harus absen dalam pertandingan penting yang dijalani oleh I Nerazzurri. Inter pun gagal mengulangi prestasi hebat mereka di musim-musim selanjutnya, di samping karena ditinggal beberapa pemain kunci, faktor pelatih yang kerap berganti membuat tim seperti kehilangan roh untuk meraih kesuksesan. Saat ini, masa depan Sneijder sedang menjadi pembahasan yang menarik setelah sang pemain menolak menandatangani kontrak baru bersama Inter. Sneijder menolak untuk mendapatkan pemotongan gaji. Karena penolakan tersebut, Andrea Stramaccioni memutuskan untuk membekukan Sneijder dari skuad utama. Tampaknya, kebersamaan Inter dan Sneijder akan segera berakhir sehubungan dengan banyaknya klub di Eropa yang tertarik untuk memboyong Sneijder dari Giuseppe Meazza.
Dan akhirnya Sneijder diboyong ke Galatasaray, dengan nilai transfer €7,5m.

Mateo Kovacic (2013-...)

PROFIL: Mateo Kovacic, Si Anak Emas Pewaris No. 10 Di FC Internazionale


Share this article :

2 komentar:

  1. maaf...ibra bukannya di inter pake no 8

    BalasHapus
  2. Iya, baca sampe sls masbro, ibra pake No. 10 di pre-season tur USA sebelum pindah ke BARCA

    BalasHapus

Jangan Lupa Follow Us Interisti

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Inter Milan Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger